Welcome to our website !

Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun

By 11:56 PM , , ,

Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun - semua-resep-masakan.blogspot.com


Nasi Pecel Khas Madiun, sesuai dengan judulnya makanan ini adalah makanan yang khas berasal dari salah satu kota di jawa timur, yaitu kota madiun. Banyak orang yang sekedar singgah ataupun memang sengaja ke kota ini untuk menyantap hidangan khas yang satu ini. makanan yang berbahan dasar sayur-sayuran dan disiram dengan bumbu kacang atau biasa disebut orang sekitar sambel pecel ini, biasa disajikan bersama nasi putih, sehingga biasa disebut dengan Nasi Pecel Madiun. Makanan ini biasa disantap oleh warga sekitar madiun unruk santapan pagi, tapi cocok juga untuk makan siang ataupun malam. 

Bagi anda yang dekat dengan kota madiun, bisa saja setiap saat untuk datang ataupun singgah ke kota madiun untuk menyantap makanan ini. Akat tetapi  bagi yang jauh dari kota madiun, mungkin agak sulit menemukan kuliner yang satu ini. maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun, agar bisa dibuat dirumah masing-masing. Pertama-tama yang harus anda siapkan bahan-bahan untuk membuat masakan ini, Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan adalah :

Bahan Pecel Madiun : 
  1. Tauge 50 gr ( Rebus hingga matang)
  2. Bayam 50 gr ( Rebus hingga matang)
  3. Kacang panjang 150 gr (dipotong-potong 3-4 cm) ( Rebus hingga matang)
  4. Kol 100 gr ( Rebus hingga matang)

Bahan Sambal Kacang :
  1. Kacang Tanah 150 gr (goreng jangan sampai gosong)
  2. Cabe rawit 9-15 bh (direbus) disesuaikan dengan selera masing pedasnya
  3. Bawang putih 4 siung, (digoreng)
  4. Gula merah 1 sdm
  5. Kencur 2 cm
  6. Garam 1 sdt
  7. Daun jeruk 3 lbr
  8. Asam jawa 1/4 sdt
  9. Air putih 300 ml

Cara Membuat Sambal Kacang : 
  1. Masukan kacang tanah ke ulekan, haluskan, angkat dan sisihkan
  2. Haluskan cabe rawit, bawang putih, gula merah, kencur, garam, daun jeruk, asam jawa, jika sudah halus masukan kembali kacang tanah, dan ulek hingga merata.
  3. Jika semua sudah tercampur rata, masukan air dan aduk sampai rata.

Untuk bahan Pelengkap : 
  1. Nasi putih, 
  2. Peyek kacang
  3. Karak/ Kerupuk gendar

Cara penyajian : 
Siapkan piring untuk penyajian, tata sayuran yang tadi sudah direbus, sirami atasnya dengan sambel kacang. dan Pecel Khas Madiun pun sudah siap disantap bersama nasi dan rempeyek ataupun kerupuk gendar.

Dengan demikian anda tidak perlu pusing lagi kemana harus membeli Nasi Pecel Khas Madiun, ketika anda sedeng ingin menyantap makanan ini. karena dengan bahan yang mudah dicari, dan cara membuatnya yang sangat praktis, anda bisa membuat makanan ini dirumah anda sendiri. Makanan khas yang dibuat sendiri tentunya akan sangat pas disantap bersama keluarga dan teman-teman tercinta. Demikian Resep dan Cara Membuat Nasi Pecel Khas Madiun, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat. 

You Might Also Like

0 comments