Welcome to our website !

Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Nikmat

By 6:06 AM , ,

Ayam Bakar Nikmat - semua-resep-masakan.blogspot.com


Pasti sudah tidak asing lagi mendengar makanan yang bernama ayam bakar, ya makanan ini mudah sekali kita jumpai di berbagai sudut suatu daerah baik di perkotaan dan di pedesaan. menyantap ayam bakar akan lebih tepat momennya saat sedang berkumpul dengan sanak famili ataupun dengan teman-teman. pada kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan resep dan cara memasak ayam bakar yang nikmat untuk anda semua, agar bisa dicoba dirumah masing-masing untuk disajikan bersama keluarga ataupun teman-teman tercinta.  Untuk membuat ayam bakar nikmat, adapun bahan-bahan yang harus anda siapkan antara lain adalah : 

Bahan-bahan Ayam Bakar Nikmat : 

1. ayam1 ekor dipotong jadi 6-8 bagian (sesuai selera)
2. santan kelapa  250 ml
3. serai 2 batang di geprek/memarkan
4. jeruk nipis 2 Sdm
5. daun jeruk 6 lembar
6. lengkuas 3 Cm digeprek/memarkan
7. daun salam 3 lembar
8. minyak Goreng 2 Sdm
9. air asem jawa 5 Sdm
10. kecap manis 8 Sdm
11. garam 1 sdt
12. kecap manis secukupnya
13. Air 250 ml

Bumbu - Bumbu Ayam Bakar Nikmat : 

1. bawang merah 10 siung 
2. bawang putih 7 siung 
3. cabai merah besar 3 buah 
4. ketumbar 1 sdm, disangrai
5. jintan  2 sdt , disangrai 
6. jahe 1 cm
7. kencur 2 cm 
8. kunyit 1 cm, dibakar
9. garam sdt
10. merica bubuk 1 sdt
11. gula jawa, diiris iris bubuk 3 sdm

Cara membuat masakan ayam bakar nikmat adalah :

1. Cuci bersih ayam yang sudah di potong.

2. campur jeruk nipis dan ayam, kemudian lumuri ayam dengan campuran tersebut dan tunggu selama 10-15 menit. setelah itu bilas dengan air dan tiriskan hingga kering.

3. Haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, jintan, jahe, kencur, kunyit, garam, merica dan gula jawa.

4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum,

5. Masukan air, santan, ayam, serai, lengkuas, daun jeruk, lengkuas dan terakhir daun salam, tunggu ayam hingga berubah warna agak kecoklatan.

6. jika sudah berubah warna masukan air asam jawa dan kecap manis. kemudian aduk rata, masak sampai ayamnya lunak. Angkat dan tiriskan

7. dan terakhir adalah proses pembakaran atau pemanggangan. pada proses ini, panggang ayam hingga kecoklatan tapi jangan sampai gosong atau kehitaman. pada saat pemanggan olesi ayam dengan sisa bumbu tadi.

8. Selesai dibakar sajikan dalam piring beserta lalapan dan sambal.

Sangat mudah untuk membuat ayam bakar ini, selain itu bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan di pasar tradisional. dengan demikian anda bisa berkreasi untuk mencoba membuat ayam bakar ini untuk bisa disajikan bersama teman dan keluarga tercinta ada. Demikian Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Nikmat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



You Might Also Like

0 comments